Agar sholat jadi lebih Khusu'

Mengapa sholat kadang terasa sedikit membosankan, susah khusu', dan kadang hanya dilakukan sebagai suatu kewajiban saja? tak ada kerinduan untuk melakukannya dan jauh dari kenikmatan.
tahukah anda ternyata kita selama ini selalu mengandalkan dan melatih otak belahan kiri saja. coba kita lebih berdayakan kemampuan otak kanan. Bagaimana cara menggunakan kemampuan otak kanan? Imajinasikanlah kita berhadapan langsung dengan Allah ketika sholat. bayangkanlah kalau Allah satu-satunya Tuhan yang paut disembah, bukan harta atau yang lainnya. Ketika sujud adalah waktu terbaik untuk berdoa, kita bisa mengimajinasikan berada sendirian menyembah sang pengabul doa.
Dalam Islam ada konsep ihsan yang hanya bisa dipakai orang yang bisa mengoptimalkan otak kanan. Apa itu ihsan? Beribadah seolah-olah kita melihat Tuhan. Jika belum bisa, bayangkan Tuhan pasti melihat ibadah kita. Kata membayangkan atau mengimajinasikan adalah fungsi otak kanan.
Agar sholat lebih bermakna, fungsikanlah otak kanan dan kiri dengan seimbang dalam sholat. Rukun sholat yang tertib dari mulai takbir sampai salam adalah pekerjaan otak kiri, sedangkan melesatnya otak ke langit ke tujuh bertemu Tuhan adalah menggunakan otak kanan. Ibarat penggunaan kopling, gas, stir,sabuk pengaman adalah ritual atau rukun berkendara. tapi gerak penyatuan yang sinergis dari semuanya menghasilkan kekuatan yang luar biasa.
Selamat mencoba. Semoga kita para kaum muslim bisa mendapatkan sholat khusu' yang penuh kenikmatan dan menambah kecintaan kita kepada Allah SWT.

0 komentar:

Poskan Komentar

Write here, about you and your blog.
 
Copyright 2009 Easy going All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes
Blogger Templates