RPP Aljabar


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah                       : SMP 21 Padang
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas                           : VIII (Delapan)
Semester                      : I (Satu)
Pertemuan ke              : 1
 


Standar Kompetensi
 2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.

Kompetensi Dasar
2.1. Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya.

Indikator
1.   Menjelaskan pengertian variabel, konstanta, koefisien, suku, suku sejenis, dan suku tak sejenis.

Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat:
1.   Menjelaskan pengertian variabel, konstanta, suku, koefisien suku, suku sejenis, dan suku tak sejenis.

Alokasi Waktu           : 2 x 40 menit



A.    Materi Ajar
Aljabar
1.   Variabel
variabel adalah suatu besaran matematika yang nilainnya dapat berubah (tidak konstan)
huruf dalam aljabar digunakan sebagai pengganti angka.
Contoh: 3a berarti 3 x a atau (a x a x a)
2.      Konstanta
Konstanta adalah besaran yang nilainya tetap.
Conroh: 9x2 – 3x +1, pada persamaan tersebut yang menjadi konstanta adalah 1.
3.      Koefisien
Koefisien merupakan bagian suku yang berupa bilangan atau konstan, biasanya dituliskan sebelum lambang peubah.
Contoh: 2a2 – 4a = 16 di ubah menjadi 2a2 + (4)a = 16
Jadi koefisien dari 2a2 – 4a = 16 adalah 2 dan 4.
Berdasarkan uraian dari contoh di atas, untuk menentukan koefisien suatu bentuk aljabar dapat mengikuti aturan berikut:
a.    Bentuk aljabar harus diubah sehingga masing-masing suku dipisahkan oleh tanda penjumlahan.
b.   Faktor yang berupa bilangan dari masing-masing suku merupakan koefisien dari bentuk aljabar tersebut.
4.      Suku sejenis dan tidak sejenis
Suku sejenis adalah suku yang terdiri dari variabel yang sama dan pangkat variabel yang bersesuaian sama.
Suku tidak sejenis adalah suku yang terdiri dari variabel yang tidak sama dan pangkat variabel yang bersesuaian tidak sama.
Contoh:
1.    
p
p
 
p dan 6p adalah suku-suku sejenis, karena:
p  merupakan faktor huruf persekutuan dari p dan 6p
 
p = 1 x
6 p = 6 x

2.      4x dan 3a adalah suku tidak sejenis, karena:
4x dan 3a tidak memiliki variable yang sama, sehingga tidak bisa difaktorkan.

B.           Metode Pembelajaran
Penemuan, Diskusi, Tanya Jawab

C.          Langkah-langkah Pembelajaran
1.            Pendahuluan (15 Menit)
FASE ENGAGEMENT (PENDAHULUAN= 5 Menit)
§    Guru menginformasikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa.
Hari ini kamu akan mempelajari pengertian variabel, konstanta, koefisien, suku, suku sejenis, dan suku tak sejenis. Pengertian ini akan sangat berguna untuk mempelajari tentang materi selanjutnya dari aljabar.. Jadi, jika kamu memahaminya dengan baik kamu tidak akan kesulitan menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan aljabar.
§    Guru mendistribusikan LKS1 pada siswa.
Kegiatan Inti (60 Menit)
FASE EKSPLORASI = 25 Menit
§    Siswa mengerjakan LKS1 untuk menemukan pengertian variabel, konstanta, koefisien, suku, suku sejenis, dan suku tak sejenis.
§    Guru menuntun siswa dalam mengerjakan LKS1.
FASE PENJELASAN = 15 Menit
§    Siswa diminta menjelaskan pengertian variabel, konstanta, koefisien, suku, suku sejenis, dan suku tak sejenis dari yang telah mereka temukan tadi.
§    Guru meminta siswa lain menanggapi penjelasan siswa yang berada di depan kelas.
§    Guru melengkapi penjelasan siswa yang kurang lengkap.
FASE ELABORASI= 15 Menit
§    Siswa mengerjakan permasalahan matematika pada LKS1 dengan menggunakan pengertian yang telah mereka temukan.
§    Guru menuntun siswa dalam menyelesaikan permasalahan.
Penutup (10 Menit)
FASE EVALUASI= 10 Menit
§    Siswa diminta untuk menyimpulkan pembelajaran.
§    Guru menginformasikan materi pada pertemuan selanjutnya, operasi hitung, tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar.
§    Guru memberikan PR.

D.    Alat dan Sumber Belajar
1. Alat       :Spidol, penggaris dan sebagainya
2. Sumber  :
·         Buku matematika kelas VIII
·         LKS

E.  Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran.
Indikator pencapaian
Penilaian
Teknik
penilaian
Bentuk Instrumen
Soal/Instrumen
1.      Menjelaskan pengertian variabel, konstanta, koefisien, suku, suku sejenis, dan suku tak sejenis.

tes tulis dan penugasan
Latihan LKS
1.   Jelaskan pengertian variabel, konstanta, koefisien, suku, suku sejenis, dan suku tak sejenis.
2.   Tentukan koefisien, variabel, dan konstanta persamaan-persamaan di bawah ini!
a.    5x + 2y = 10
b.    3m – 8n = 17
c.    a + 4b = 8
3.   Tentukan apakah persamaan di bawah ini merupakan suku sejenis atau tidak sejenis!
           a.       4a2b3 dan 8a2b3
           b.      3x4y5 dan 7y4z5
  
No
Butir Soal
Kunci Jawaban
Skor maksimal
1














2


Jelaskan pengertian variabel, konstanta, koefisien, suku, suku sejenis, dan suku tak sejenis.















Tentukan koefisien, variabel, dan konstanta persamaan-persamaan di bawah ini!
a.     5x + 2y = 10
b.    3m – 8n = 17
c.     a + 4b = 8
·   variabel adalah suatu besaran matematika yang nilainnya dapat berubah (tidak konstan)
·   Konstanta adalah besaran yang nilainya tetap.
·   Koefisien merupakan bagian suku yang berupa bilangan atau konstan, biasanya dituliskan sebelum lambang peubah.
·   Suku sejenis adalah suku yang terdiri dari variabel yang sama dan pangkat variabel yang bersesuaian sama.
·   Suku tidak sejenis adalah suku yang terdiri dari variabel yang tidak sama dan pangkat variabel yang bersesuaian tidak sama.

a.    • Variabelnya adalah x dan y
• Koefisien dari x adalah 5 dan koefisien dari y adalah 2
• Konstantanya adalah 10
b.    •Variabelnya adalah m dan n
•Koefisien dari m adalah 3 dan koefisien dari n adalah -8
•Konstantanya adalah 17
c.    •Variabelnya adalah a dan
b.
•Koefisien dari a adalah 1 dan koefisien dari b adalah 4
•Konstantanya adalah 8

2


2

2


2



2




1
1

1
1
1

1
1
1
1
1

Jumlah
20


0 komentar:

Posting Komentar

Write here, about you and your blog.
 
Copyright 2009 Easy going All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes
Blogger Templates