RPP Matematika

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah                       : SMP 21 Padang
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas                           : VIII (Delapan)
Semester                      : II (Dua)
 


Standar Kompetensi
Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas dan bagian-bagiannya serta menentukan ukurannya.

Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi sifat-sifat kubus dan balok

Indikator
1.   Menyebutkan unsur-unsur kubus dan balok
2.   Menentukan panjang diagonal bidang dan ruang kubus dan balok

Tujuan Pembelajaran
1.   melihat bentuk kubus dan balok dalam kehidupan sehari-hari
2.   Menggunakan rumus panjang diagonal kubus dan balok dalam pemecahan masalah

Alokasi Waktu           : 2 x 40 menit

A.    Materi Ajar
1.      Unsur-unsur kubus dan balok
2.      Rumus panjang diagonal kubus dan balok


B.     Metode Pembelajaran
Pair check

C.    Langkah-Langkah Pembelajaran
1.      Pendahuluan
AKTIVITAS GURU
AKTIVITAS SISWA
ALOKASI WAKTU
·      Memberi salam
·      Apersepsi :
Menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran
“ Materi kita hari ini adalah kubus dan balok. Pada waktu SD, ananda telah mempelajarinya bukan ? Coba sebutkan benda-benda yang berbentuk kubus dan balok ?”

·   Menjawab salam guru
·   Mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru

·   Siswa menyebutkan benda-benda yang berbentuk kubus dan balok.

5’
2.      Kegiatan Inti
AKTIVITAS GURU
AKTIVITAS SISWA
ALOKASI WAKTU
Eksplorasi:
·         Guru membagi siswa dalam kelompok yang tediri dari 2 orang (berpasangan). Ini hanya dilakukan pada pertemuan pertama saja, selanjutnya siswa duduk berdasarkan pasangannya.
·         Guru menjelaskan materi selama
Elaborasi:
·         Guru membagikan LKS pada siswa.
·         Guru mulai mengajar dengan pendekatan pair check,  dengan mengerjakan soal yang terdapat dalam LKS dengan aturan:
a)      Guru memantau pekerjaan siswa










b)      Guru meminta salah seorang siswa secara acak untuk menuliskan hasil kerja kelompoknya di papan tulis, bila ada kekeliruan, maka akan dikoreksi bersama.
c)      Guru memantau pekerjaan siswa













d)     Guru meminta salah seorang siswa secara acak untuk menuliskan hasil kerja kelompoknya di papan tulis, bila ada kekeliruan, maka akan dikoreksi bersama.
e)      Guru memantau pekerjaan siswa










f)       Guru meminta salah seorang siswa secara acak untuk menuliskan hasil kerja kelompoknya di papan tulis, bila ada kekeliruan, maka akan dikoreksi bersama.
Konfirmasi:
g)      Guru mengumpulkan LKS yang telah dikerjakan oleh siswa dalam kelompok untuk dinilai, dan guru bersama siswa menarik kesimpulan tentang apa yang telah dipelajari dan selanjutnya guru memberikan PR.


·      Siswa duduk dalam kelompoknya





·      Siswa menyimak penjelasan guru

·      Siswa menerima LKS
·      Siswa mulai belajar dengan pendekatan pair check,  dengan mengerjakan soal yang terdapat dalam LKS dengan aturan:
a)      Siswa pertama mengerjakan soal pertama dan siswa kedua menyimak pekerjaan partnernya.
b)      Siswa pertama dan kedua mendiskusikan jawaban yang telah dikerjakan oleh siswa pertama, jika ada perbedaan pendapat maka mereka boleh meminta pendapat pada kelompok lain.
c)      Siswa menuliskan hasil kerja kelompoknya di papan tulis




d)     Setelah soal pertama selesai maka dilanjutkan dengan soal kedua. Pada saat ini yang mengerjakannya adalah siswa kedua dan siswa pertama menyimak pekerjaan partnernya.
e)      Siswa kedua dan pertama mendiskusikan jawaban yang telah dikerjakan oleh siswa kedua, jika ada perbedaan pendapat maka mereka boleh meminta pendapat pada kelompok lain
f)       Siswa menuliskan hasil kerja kelompoknya di papan tulis




g)      Siswa pertama mengerjakan soal pertama dan siswa kedua menyimak pekerjaan partnernya.
h)      Siswa pertama dan kedua mendiskusikan jawaban yang telah dikerjakan oleh siswa pertama, jika ada perbedaan pendapat maka mereka boleh meminta pendapat pada kelompok lain.
i)        Siswa menuliskan hasil kerja kelompoknya di papan tulis





j)        Siswa mengumpulkan LKS yang telah dikerjakan oleh siswa dalam kelompok untuk dinilai, dan guru bersama siswa menarik kesimpulan tentang apa yang telah dipelajari dan selanjutnya guru memberikan PR.

5’





 10’

55’




5’



5’






8’





5’






5’






8’





5’



5’






8’






5’
3.      Penutup
AKTIVITAS GURU
AKTIVITAS SISWA
ALOKASI WAKTU
·         guru memberikan kuis yang berkaitan dengan materi untuk menguji pemahaman siswa.
·         Siswa melaksanakan kuis dengan baik.
5’

D.    Alat dan Sumber Belajar
1. Alat       :Spidol, penggaris dan sebagainya
2. Sumber  :
·         Buku matematika kelas VIII

E.     Penilaian
              i.      Teknik penilaian          : tes tulis dan penugasan
            ii.      Instrumen penilaian     : uraian

Contoh instrumen :
1.      Panjang diagonal ruang sebuah kubus adalah  cm. hitunglah panjang rusuk kubus tersebut


Di Yi Shi Jian -F4

Selamat Datang di Facebook - Masuk, Daftar atau Pelajari Selengkapnya

Selamat Datang di Facebook - Masuk, Daftar atau Pelajari Selengkapnya

Baby - Justin Bieber ft. Ludacris (Music Video) - Yoonha Hwang Piano Cov...

Agar sholat jadi lebih Khusu'

Mengapa sholat kadang terasa sedikit membosankan, susah khusu', dan kadang hanya dilakukan sebagai suatu kewajiban saja? tak ada kerinduan untuk melakukannya dan jauh dari kenikmatan.
tahukah anda ternyata kita selama ini selalu mengandalkan dan melatih otak belahan kiri saja. coba kita lebih berdayakan kemampuan otak kanan. Bagaimana cara menggunakan kemampuan otak kanan? Imajinasikanlah kita berhadapan langsung dengan Allah ketika sholat. bayangkanlah kalau Allah satu-satunya Tuhan yang paut disembah, bukan harta atau yang lainnya. Ketika sujud adalah waktu terbaik untuk berdoa, kita bisa mengimajinasikan berada sendirian menyembah sang pengabul doa.
Dalam Islam ada konsep ihsan yang hanya bisa dipakai orang yang bisa mengoptimalkan otak kanan. Apa itu ihsan? Beribadah seolah-olah kita melihat Tuhan. Jika belum bisa, bayangkan Tuhan pasti melihat ibadah kita. Kata membayangkan atau mengimajinasikan adalah fungsi otak kanan.
Agar sholat lebih bermakna, fungsikanlah otak kanan dan kiri dengan seimbang dalam sholat. Rukun sholat yang tertib dari mulai takbir sampai salam adalah pekerjaan otak kiri, sedangkan melesatnya otak ke langit ke tujuh bertemu Tuhan adalah menggunakan otak kanan. Ibarat penggunaan kopling, gas, stir,sabuk pengaman adalah ritual atau rukun berkendara. tapi gerak penyatuan yang sinergis dari semuanya menghasilkan kekuatan yang luar biasa.
Selamat mencoba. Semoga kita para kaum muslim bisa mendapatkan sholat khusu' yang penuh kenikmatan dan menambah kecintaan kita kepada Allah SWT.

"UDIN SEDUNIA" - By Udin Saulaudin Majnun

Udin sedunia.3gp

Super Junior SHINee | Bonamana (미인아) Lucifer Remix / Mashup

JYJ - "Empty" LIVE

Vanness Wu - Ma Ma

[2002] Make A Wish MV

Smash - I Heart You.flv

Write here, about you and your blog.
 
Copyright 2009 Easy going All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes
Blogger Templates